Ciri Ciri Buah Markisa Yang Sudah Matang

Home/Ciri Ciri Buah Markisa Yang Sudah Matang

Ciri Ciri Buah Markisa Yang Sudah Matang

Ciri Buah Markisa – Markisa merupakan buah tropis sub tropis yang berasal dari Amerika dan  cukup banyak berkembang di Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis markisa yang cukup dikenal, yaitu markisa ungu (passiflora edulis) dan markisa kuning (passiflora flavicarva). Tetapi selain dua jenis markisa tersebut, masih ada dua lagi lainnya, yaitu markisa manis (passiflora lingularis) dan markisa besar (passiflora quadrangularis).

Jenis Markisa

Markisa ungu biasanya tumbuh di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut, namun bisa juga dikembangkan di dataran menengah maupun rendah. Buahnya berbentuk bulat lonjong dengan yang mentah berwarna hijau dan yang matang akan berwarna coklat ungu. Markisa ungu cenderung terasa masam, sehingga lebih banyak diolah menjadi sirup atau olahan lain yang bernilai ekonomis tinggi.

ciri buah markisa yang sudah matang

Markisa kuning biasanya tumbuh di dataran rendah hingga menengah. Bentuknya bulat lonjong dengan warna kuning ketika sudah masak dan hijau saat masih muda. Biasanya markisa kuning diolah menjadi es krim, selai, jeli, sari buah, nentar, serbat, konsentrat, dan squash.

Seperti halnya markisa ungu, markisa manis umumnya tumbuh di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Tetapi markisa manis agak sulit dikembangkan di dataran rendah, tidak seperti markisa ungu. Buah ini berbentuk bula lonjong dengan warna ungu hijau saat masih muda dan berwarna kunung tua ketika sudah matang. Markisa ini memiliki rasa yang manis sehingga bisa langsung disantap.

Sedangkan markisa besar memiliki volume buah yang lebih banyak dibanding markisa lainnya. Akan tetapi tanaman yang tumbuh di dataran rendah hingga menengah ini kurang diminati. Hal tersebut dikarenakan rasanya yang relatif hambar serta aromanya yang tidak kuat.

Markisa yang matang akan terasa manis dan menyegarkan, terutama markisa manis, apalagi jika matang langsung dari pohonnya. Tetapi jika salah pilih dan mendapat markisa yang belum matang, maka rasanya akan sangat asam dan ada juga yang hambar alias tidak ada rasa. Dalam pemilihan markisa sebenarnya tidak terlalu sulit, yang penting Anda tahu ciri-ciri markisa yang telah matang.

Baca Juga: Manfaat Buah Markisa Untuk Diabetes [Pengobatan]

Ciri-Ciri Markisa yang Telah Matang

Untuk markisa ungu, tekstur kulitnya akan sedikit keriput dengan warna ungu gelap. Jangan tergoda mengambil markisa dengan kulit yang licin dan bersih, karena yang akan dikonsumsi adalah bijinya, bukan kulitnya. Tekan dengan lembut kulit buah, semakin lunak tempurung kulitnya maka semakin matang pula buah markisanya. Sedangkan markisa kuning, pilhlah yang berwarna oranye gelap dan jangan lupa memeriksa kelunakan kulit buahnya. Perhatikan juga kulit buah, pastikan tidak ada bagian yang membusuk, dengan ciri berwarna kecoklatan dan agak berair.

Markisa yang ranum dan matang umumnya memiliki banyak biji dan cairan di dalamnya. Cara mengetahuinya adalah dengan mengocok dan menimbang dengan tangan. Agar lebih jelas, gunakan markisa lain sebagai pembanding isi markisa yang hendak Anda beli.

Langkah selanjutnya adalah dengan mencium aroma markisa. Apabila tercium baunya, artinya markisa yang Anda pilih telah cukup matang. Namun jika tidak tercium bau apa pun pada markisa tersebut, bisa jadi buahnya belum matang. Sehingga upayakan untuk tidak salah memilih markisa.

Setelah mendapat markisa yang matang dan ranum, jangan lupa untuk membersihkan kulit luar buah tersebut sebelum dikonsumsi. Meskipun yang dimakan adalah daging dan biji yang terdapat di dalam buah, namun proses mencuci tetap penting untuk menjaga kebersihan markisa. Kemudian pastikan ketika mengambil isi markisa, kulit putih yang berada di dalam buah markisa tidak ikut terambil. Kulit markisa memiliki rasa yang pahit sehingga tidak perlu dikonsumsi.

Baca Juga: Manfaat Buah Markisa Untuk Diet Yang Perlu Anda Ketahui

Pengolahan Markisa yang Masam atau Belum Matang

Jika Anda terlanjur mendapat markisa yang belum terlalu matang sehingga terasa asam, jangan buru-buru dibuang. Markisa tersebut tetap bisa dimanfaatkan yaitu dengan cara dijus atau dijadikan sirup. Untuk mengurangi rasa asam pada markisa, tambahkanlah strawberry, semangka, atau madu pada jus atau sirup Anda. Jika ingin membuat sirup, sari markisa dengan tambahan sari buah lain serta madu secukupnya tersebut direbus agar tidak cepat berbau. Sedangkan untuk membuat jus, cukup diblender seperti biasa.

Namun dalam pengolahan markisa menjadi jus atau sirup, hindari pencampuran gula serta susu yang tinggi lemak. Karena kedua bahan tersebut kurang baik dalam menjaga tekanan serta kadar gula dalam darah. Sehingga nutrisi baik pada markisa tidak bekerja secara maksimal.

Baca Juga: Manfaat Buah Markisa Untuk Darah Tinggi Yang Perlu Anda Ketahui

Demikianlah beberapa tips untuk memilih buah markisa yang telah matang. Silakan dipraktikkan agar tidak salah dalam membeli markisa. Agar markisa tidak cepat rusak, letakkan di dalam keranjang berlubang dan simpan dalam suhu ruang. Dengan demikian buah markisa bisa bertahan sekitar sepuluh hari. Sedangkan jika dimasukkan ke dalam lemari es, buah tersebut tetap bagus meski telah lebih dari sepuluh hari. Kami menyediakan markisa dengan kualitas tinggi yang tentu saja memiliki tingkat kematangan cukup baik sehingga sangat nikmat jika dikonsumsi.

2017-07-30T16:39:24+00:00

Leave A Comment