Manfaat Buah Markisa Untuk Darah Tinggi Yang Perlu Anda Ketahui

Home/Manfaat Buah Markisa Untuk Darah Tinggi Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Buah Markisa Untuk Darah Tinggi Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Markisa Untuk Darah Tinggi – Markisa merupakan salah satu buah dari daerah tropis dan sub tropis yang berasal dari Amerika. Di Indonesia sendiri, buah yang menyegarkan ini cukup banyak berkembang, terutama jenis markisa ungu dan markisa kuning. Markisa ungu (passiflora edulis) biasanya tumbuh di dataran tinggi, sedangkan markisa kuning (passiflora flavicarva) tumbuh di dataran rendah. Buah dengan rasa asam manis dan sering diolah menjadi minuman ini ternyata menyimpan segudang manfaat, salah satunya menurunkan darah tinggi.

Seperti yang diketahui, darah tinggi merupakan penyakit yang cukup berbahaya karena sering kali tidak memunculkan gejala yang jelas. Bahkan apabila dibiarkan, penderita darah tinggi dapat berisiko terserang stroke, sehingga darah tinggi merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Untuk itu diperlukan beberapa pencegahan serta pengobatan rutin untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu cara pengobatan yang alami adalah dengan rutin mengonsumsi markisa.

Nutrisi pada Markisa untuk Mengobati Darah Tinggi

nutrisi buah markisa untuk darah tinggi

Di dalam buah markisa, terkandung cukup banyak nutrisi yang baik bagi tubuh dan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Di antaranya adalah potasium, kalium, vitamin, antioksidan, niasin, tiamin, asam sitrat, asam askorbat, kalsium, karotenoid, magnesium, dan masih banyak lagi. Untuk kadar potasium pada markisa cukup tinggi adalh 384 mg per 100 gram sari markisa yang memenuhi 7 persen dari kebutuhan harian manusia.

Karotenoid pada markisa juga cukup tinggi yang berperan penting dalam membantu memproduksi vitamin A pada tubuh manusia. Setiap porsi markisa mengandung sekitar 25 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan pada sebagian besar orang. Kemudian markisa juga mengandung kalium yang membantu meregulasi denyut jantung serta dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

Setiap mengonsumsi buah markisa, tubuh akan memperoleh sekitar seperempat kalium dari kebutuhan harian rata-rata manusia. Kalium merupakan mineral yang cukup penting karena memiliki banyak peran, salah satunya adalah sebagai vasodilator. Vasodilator berfungsi untuk meningkatkan aliran darah serta memberi efek menenangkan ketegangan pada pembuluh darah. Vasodilator ini juga baik bagi jantung karena dapat mengurangi ketegangan serta menyehatkan jantung secara keseluruhan.

Kalium pada markisa juga mampu meningkatkan kontrol otot, termasuk otot jantung sehingga dapat bekerja lebih baik dan dapat mencegah penyumbatan arteri. Penyumbatan arteri merupakan salah satu penyebab dari penyakit jantung. Kandungan natrium yang tidak begitu banyak pada buah markisa juga menjadi salah satu alasan buah ini baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Ciri Ciri Buah Markisa Yang Sudah Matang

Cara Membuat Sirup Markisa

Salah satu alternatif pengolahan markisa untu mengobati darah tinggi adalah dengan menjadikannya sirup yang dicampur dengan tomat dan madu. Tomat digunakan karena mengandung kalium dan antioksidan yang dapat mencegah kolestrol LDL dari oksidasi dan menempel pada pembuluh darah. Oksidasi tersebut dapat meningkatkan tekanan darah sehingga tomat mampu mengontrol tekanan darah tersebut. Sedangkan madu digunakan untuk mengurangi rasa asam pada sirup tersebut tanpa harus menggunakan pemanis buatan sehingga mengurangi risiko diabetes melitus.

Cara membuat sirup tersebut adalah pertama blender markisa dan tomat secara terpisah, lalu rebus sari buah tersebut dengan perbandingan 1:1. Perebusan sari markisa dan tomat berfungsi sebagai pengawet alami sehingga sirup tidak cepat berbau. Kemudian tambahkan madu sesuai selera untuk mengurangi rasa asam pada sirup tersebut. Sirup markisa ini bisa dikonsumsi secara langsung maupun ditambah air.

Baca Juga: Manfaat Buah Markisa Untuk Diabetes [Pengobatan]

Cara Membuat Jus Markisajus markisa untuk darah tinggi

Sedangkan jika Anda ingin membuat jus markisa, bisa dengan menambahkan buah naga atau pun strawberry. Selain menambah rasa, mencampurkan salah satu dari buah tersebut juga dapat memberikan rasa yang lebih nikmat. Disamping itu, kandungan vitamin A yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi mata juga bisa didapatkan. Sehingga selain mengatasi masalah tekanan darah tinggi, mata Anda pun ikut memperoleh manfaat dari markisa tersebut.

Cara Membuat Ramuan Tradisional dari Markisa

Selain buahnya, daun markisa juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi. Untuk pembuatannya diperlukan 5 gram akar kering alang-alang dan 5 gram daun markisa yang telah dikeringkan. Kemudian kedua bahan tersebut ditumbuk halus dan diseduh dengan segelas air panas. Minumlah ramuan tersebut selagi hangat dengan dosis tiga kali sehari. Apabila dilakukan dengan rutin, maka masalah tekanan darah tinggi bisa teratasi.

Selain pengolahan dengan membuat sirup atau ramuan dari daunnya, markisa juga bisa langsung dikonsumsi begitu saja. Anda juga bisa membuat jus markisa tanpa campuran apa pun. Cara-cara tersebut bisa membuat kandungan nutrisi pada markisa dapat diserap tubuh dengan lebih cepat.

Baca Juga: Manfaat Buah Markisa Untuk Diet Yang Perlu Anda Ketahui

Namun jika Anda adalah orang yang mudah bosan apabila mengonsumsi makanan yang sama terus menerus, Anda bisa berinovasi dengan menggunakan markisa. Anda bisa membuat koktail markisa dengan menambahkan sirup dan disajikan secara dingin. Atau markisa juga bisa dijadikan selai sehingga Anda dapat menyantap roti tawar dengan lebih nikmat sekaligus mendapat manfaat dari kebaikan markisa. Markisa juga enak jika dicampur dengan yoghurt, sehingga menambah cita rasa manis dan segar. Untuk itu ada baiknya selalu memiliki persediaan markisa yang cukup di rumah Anda.

2017-07-30T16:42:59+00:00

Leave A Comment