Manfaat Buah Markisa Untuk Diabetes [Pengobatan]

Home/Manfaat Buah Markisa Untuk Diabetes [Pengobatan]

Manfaat Buah Markisa Untuk Diabetes [Pengobatan]

Manfaat Buah Markisa Untuk Diabetes – Markisa dengan segudang nutrisi yang terkandung di dalamnya sudah terkenal sangat baik bagi tubuh, salah satunya dapat mengatasi penyakit diabetes. Diabetes atau biasa dikenal dengan kencing manis adalah suatu penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan insulin. Insulin sendiri merupakan hormon pengatur gula darah, maka saat ia tidak bekerja dengan baik, akibatnya gula darah pun meningkat. Diabetes tidak hanya terjadi pada orang dewasa, anak-anak dan emaja pun berisiko terkena penyakit ini. Dan apabila dalam keluarganya terdapat riwayat diabetes, maka risiko memiliki penyakit ini pun lebih besar.

Gejala Diabetes

Penderita diabetes biasanya mengalami gejala seperti sering merasa haus dan lapar yang ekstrem, kemudian sering buang air kecil, terutama saat malam. Selain itu, gejala lainnya adalah berat badan turun tanpa sebab yang jelas, massa otot berkurang, cepat merasa lelah. Pandangan mata kabur, luka menjadi lama sembuh, serta sering mengalami infeksi misalnya pada gusi, kulit, saluran kemih, atau vagina. Pada penderita diabetes juga ditemukan keton pada air seninya, yaitu produk sampingan dari metabolisme otot dan lemak karena produksi indulin yang tidak cukup. Apabila Anda mendapati gejala tersebut pada tubuh Anda atau keluarga, segeralah periksakan ke dokter untuk mencegah kondisi diabetes semakin parah.

Penyakit diabetes ini apabila dibiarkan akan berakibat buruk karena dapat menyebabkan stroke, gagal ginjal bahkan banyak pasien diabetes harus diamputasi. Sampai saat ini memang belum ditemukan obat untuk menghilangkan diabetes hingga benar-benar sembuh. Namun bukan berarti kita hanya pasrah dengan keadaan yang sudah terjadi. Ada banyak cara agar kadar gula darah dalam tubuh menjadi normal, yaitu menjaga pola makan, mengatur berat badan, dan berolahraga dengan teratur.

Baca Juga: Ciri Ciri Buah Markisa Yang Sudah Matang

Makanan untuk Penderita Diabetes

Menjaga pola makan merupakan salah satu pencegahan terbaik untuk menghindari tingginya gula darah pada tubuh. Beberapa makanan yang sudah jelas mengandung glukosa yang tinggi seperti gula tebu dan nasi putih ada baiknya mulai dihentikan. Sedangkan makanan yang baik bagi penderita diabetes adalah biji-bijian utuh, nasi merah, oatmeal, dan kacang-kacangan. Daging tanpa lemak, sayur-sayuran, buah-buahan, dan telur juga bisa dikonsumsi dengan catatan mengurangi penggunaan garam dan mentega pada pengolahannya.

Apabila Anda penderita diabetes, mungkin merasa was-was untuk mengonsumsi buah-buahan, terutama yang memiliki rasa manis. Padahal bagi pecinta buah, tentunya akan sulit melepaskan diri dari buah-buaha. Bagi pengidap penyakit diabetes, waktu untuk mengonsumsi buah ternyata tidak boleh sembarangan. Dua porsi saat sarapan, satu sebagai camilan, dua saat makan buah, tiga ketika makan malam dan dua dimakan menjelang tidur.

Untuk ukuran porsi dalam buah tergantung ukuran dari buah itu sendiri. Apabila kecil seperti anggur, strawberry atau blueberry, satu porsinya adalah lima buah. Sedangkan jika buah tersebut berukuran sedang seperti apel, pir, atau jeruk, satu porsinya adalah satu buah utuh. Dan jika buah berukuran besar seperti melon atau semangka, maka satu porsi buah sama dengan satu slice potongan dengan ukutan sedang.

Selain memerhatikan waktu konsumsi, ternyata tidak semua buah boleh dilahap oleh penderita diabetes ata kencing manis ini. Ada beberapa buah yang sebaiknya dihindari oleh pengidap diabetes karena dapat meningkatkan gula darah. Di antaranya adalah durian, mangga, nanas, nangka, pisang, sawo, dan sirsak. Sedangkan buah yang sebaiknya dikonsumsi karena memiliki kadar gula rendah adalah alpukat, apel, jeruk, pir, dan markisa.

Baca Juga: Manfaat Buah Markisa Untuk Darah Tinggi Yang Perlu Anda Ketahui

Kandungan Markisa untuk Mengatasi Diabetes

Markisa yang memiliki rasa asam manis menyegarkan ini ternyata sangat baik dikonsumsi, terutama oleh penderita diabetes. Buah ini memang memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Pada 100 gram markisa terdapat 30 mg vitamin C, 1275 IU vitamin A, dan 348 mg kalium. Selain itu, pada markisa juga terkandung zat besi, magnesium, dan kalsium yang tentu saja sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Markisa yang mengandung rasa asam manis dan menyegarkan ini memang memiliki kandungan gula cukup rendah sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Sebuah studi menunjukkan bahwa bbubuk buah serta kulit markisa mengandung pektin atau serat larut. Pektin ini sangat baik bagi penderita diabetes karena memperlambat kemampuan darah untuk menyerap gula. Seperti halnya buah limau dan lemon yang juga memiliki kandungan pektin cukup tinggi.

Baca Juga: Manfaat Buah Markisa Untuk Diet Yang Perlu Anda Ketahui

Untuk pengolahannya, cukup dimakan langsung dengan menggunakan sendok atau dijadikan jus buah. Apabila membuat jus markisa akan lebih baik jika tidak menambahkan gula tebu dan susu full cream yang mengandung tinggi lemak. Gunakanlah susu dengan kadar lemak rendah untuk mengontrol gula darah pada tubuh. Karena itu bagi penderita diabetes akan lebih baik jika selalu memiliki persediaan buah markisa di rumah. Dengan selalu memiliki persediaan buah markisa, maka pencegahan tingginya gula darah pun dapat dengan rutin dilakukan setiap hari.

2017-07-30T16:46:22+00:00

Leave A Comment