Manfaat Buah Markisa Untuk Diet Yang Perlu Anda Ketahui

Home/Manfaat Buah Markisa Untuk Diet Yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Buah Markisa Untuk Diet Yang Perlu Anda Ketahui

Manafaat buah markisa untuk diet – Markisa, buah tropis dan sub tropis dengan rasa yang sangat menyegarkan ini memang sudah dikenal memiliki segudang manfaat. Buah ini sangat cocok dikonsumsi langsung atau dijadikan minuman ketika cuaca sedang panas. Dan ternyata, selain menyegarkan, buah yang berasal dari Amerika ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Selain mampu mencegah tingginya gula darah serta dapat menstabilkan tekanan darah, markisa juga baik untuk diet. Mineral dan vitamin yang terdapat pada markisa cukup efektif untuk meluruhkan lemak berlebih pada tubuh. Beberapa kandungan markisa yang dapat bermanfaat bagi diet ada cukup banyak, seperti kalori yang cukup rendah. Pada satu buah markisa hanya terdapat sekitar 50 kalori, sehingga sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin diet. Kandungan lemak dan mineral sodium pada markisa juga cukup rendah sehingga sangat baik untuk program penurunan berat badan.

Kandungan Markisa yang Baik untuk Diet

Meskipun rendah lemak, markisa kaya akan karbohidrat dan gula alami yang dapat mengisi energi tubuh Anda. Sehingga meskipun sedang diet, jika Anda mengonsumsi markisa, Anda tidak akan lemas karena kekurangan energi. Rasa lapar pun bisa ditahan apabila telah mengonsumsi buah markisa tersebut.

manfaat buah markisa untuk diet

Pada markisa terdapat zat yang sangat penting dan berperan dalam mengendalikan lemak di tubuh. Zat tersebut adalah piceatannol yang sejenis dengan zat resveratol. Zat ini berfungsi untuk mengubah fungsi generik serta insulin saat proses adipogenesis. Proses tersebut mengubah sel awal menjadi sel yang matang pada lemak. Sehingga zat ini sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan dan sedang dalam program diet.

Baca Juga: Manfaat Buah Markisa Untuk Darah Tinggi Yang Perlu Anda Ketahui

Selain itu, buah markisa ini sepertiganya adalah serat yang baik bagi usus dan sapat merendahkan level kolesterol. Serat dalam markisa juga baik untuk mengatur gula darah, maka dari itu buah ini cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Pada buah markisa juga terdapat enzim yang meningkatkan sistem pencernaan, sehingga proses detoksifikasi dan eliminasi zat pada tubuh lebih efisien. Bauh markisa juga mengandung vitamin C yang dapat mengembalikan elastisitas kulit setelah kurangnya berat badan akibat diet.

Pada markisa juga terdapat vitamin A dan betakarotin yang dapat meningkatkan sistem imun sehingga tidak mudah sakit meskipun sedang diet. Selain vitamin C dan vitamin A, markisa juga kaya akan vitamin E. Vitamin E ini selain membantu mengurangi sakit persendian juga dapat meningkatkan sistem metabolisme pada tubuh. Dan markisa juga memiliki antioksidan yang dapat melawan selulit. Sehingga cadangan lemak pada jaringan tisu kulit akan terurai dan kulit pun kembali sehat bahkan setelah penurunan berat badan yang signifikan.

Baca Juga: Manfaat Buah Markisa Untuk Diabetes [Pengobatan]

Cara Pengolahan Markisa untuk Diet

Untuk pengolahan markisa bagi program diet Anda cukup mudah, yaitu bisa dengan langsung dikonsumsi maupun dijadikan minuman. Yang terpenting saat mengambil biji buah markisa untuk dikonsumsi,jangan sampai kulitnya yang berwarna putih ikut terambil. Karena selain rasanya pahit, kulit tersebut juga tidak memiliki manfaat apa-apa sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi.

Walaupun kulit markisa tidak dikonsumsi, namun sebelum membuka isinya, buah ini tetap harus dicuci terlebih dahulu menggunakan air mengalir. Dengan demikian, kebersihan buah yang memiliki rasa asam agak manis ini pun terjamin dan aman dikonsumsi. Kemudian keluarkan isi markisa dengan menggunakan sendok yang bersih. Markisa bisa langsung disantap, tetapi memang rasanya agak asam sehingga banyak orang memilih mengolahnya menjadi minuman.

buah markisa untuk diet

Cara Membuat Jus Markisa

Jika Anda ingin membuat jus, ada baiknya tidak mencampurkan gula tebu atau susu full cream yang tinggi lemak ke dalam minuman jus markisa Anda. Selain dapat meningkatkan gula darah, penambahan pemanis buatan tersebut juga dapat menggagalkan diet Anda. Untuk menghilangkan rasa asam pada markisa, gunakanlah madu atau campuran buah lain seperti strawberry dan semangka. Penggunaan strawberry dan semangka selain menambah kelezatan pada rasa jus juga dapat memperkaya serat sehingga baik untuk menurunkan berat badan. Namun sebaiknya saat mengonsumsi markisa tidak dalam keadaan perut yang kosong karena kandungan asam yang cukup tinggi dapat menyebabkan lambung menjadi perih.

Bahan untuk membut jus markisa adalah markisa, strawberry, dan semangka segar masing-masing 200 gram. Air matang dan madu sesuai selera. Bersihkan seluruh buah tersebut kemudian semangka dan strawberry dipotong kecil-kecil agar lebih mudah hancur. Selanjutnya masukkan ketiga buah tersebut lalu tambahkan air dan madu kemudian diblender hingga halus. Tuangkan ke dalam gelas, jus markisa segar yang kaya mafaat siap dinikmati. Sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama, bukan?

Baca Juga: Ciri Ciri Buah Markisa Yang Sudah Matang

Mengingat begitu banyak kandungan pada markisa yang baik untuk membantu menurunkan berat badan, maka tidak ada salahnya selalu menyediakannya di rumah. Terutama bagi Anda yang ingin diet tanpa harus tersiksa menahan lapar. Sehingga berat badan ideal disertai dengan tubuh yang bugar pun bisa Anda dapatkan.

2017-07-30T16:51:36+00:00

Leave A Comment