Manfaat Buah Markisa Untuk Ibu Hamil

Home/Manfaat Buah Markisa Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Markisa Untuk Ibu Hamil

Manfaat Buah Markisa Untuk Ibu Hamil – Buah markisa adalah salah satu jenis buah yang tumbuh liar di hutan, asalnya dari Amerika Selatan. Buah yang mempunyai rasa asam ini sudah banyak dibudidayakan oleh berbagai negara termasuk Indonesia. Jenis buah markisa yang banyak dibudidayakan di Indonesia yaitu markisa ungu, markisa kuning, markisa konyal, dan erbis. Saat ini markisa telah dikemas dalam bentuk sirup atau minuman kemasan. Buah markisa menjadi salah satu buah pilihan keluarga tidak hanya karena rasanya segar, namun lebih utama lagi adalah manfaatnya yang besar.

Buah markisa mengandung banyak nutrisi dan gizi. Unsur nutrisi paling tinggi dalam buah tersebut yaitu vitamin c yang berperan sebagai penangkal radikal bebas di dalam tubuh manusia. Kandungan gizi yang terkandung dalam buah markisa diantaranya yaitu niasin, asam sitrat, karoten, kalsiu, zat besi, dan fosfor. Markisa yang sudah diletakkan dalam cangkir penuh mengandung 24, 5 gram serat, vitamin A 130 IU, lebih dari 5 gram protein, dan 13 karotenoid. Di dalam buah itu juga terdapat zeta, alpha karoten, beta, b-cryptoxanthin, dan lucopen.

Mengkonsumsi buah markisa banyak sekali manfaatnya, baik untuk kesehatan, kecantikan, dan juga untuk ibu hamil. Maka dari itu, Anda bisa menjadikan buah sebagai konsumsi keluarga sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan akan nutrisi dan vitamin.

manfaat buah markisa untuk ibu hamil

Manfaat Buah Markisa untuk Ibu Hamil

Penelitian membuktikan bahwa di dalam buah markisa terdapat beragan kandungan vitamin serta mineral. Kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh sehingga baik pula untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Berikut kandungan nutrisi yang terdapat pada pada buah markisa per 100 gr:

1. Energi 97 Kcal
2. Kalium 348 mg
3. Kalsium 12 mg
4. Karbohidrat 23, 38 g
5. Protein 2, 20 g
6. Serat Diet 10, 40 g
7. Folates 14 mcg
8. Niacin 1, 500 mg
9. Riboflavin 0, 130 mg
10. Thiamin 0, 00 mg
11. Tembaga 0, 086 mg
12. Besi 1, 60 mg
13. Magnesium 29 mg
14. Fosfor 68 mg
15. Seng 0, 10 mcg
16. Vitamin A 1274 IU
17. Vitamin C 30 mg
18. Vitamin E 0, 02 mcg
19. Vitamin K 0, 7 mg

Selain untuk kesehatan, buah markisa juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Masa kehamilan adalah sebuah waktu yang membahagiakan dan berharga bagi pasangan suami istri. Selama proses kehamilan tentu seorang ibu harus menjaga kesehatan kandungan dengan cara mengonsumsi makanan bergizi, bernutrisi, dan sehat agar pertumbuhan janin di dalam kandungan bisa baik. Apabila ibu hamil mau mengonsumsi buah markisa secara teratur, maka akan mendapat dampak positif bagi janin dan juga kesehatan ibu hamil.

Baca juga: Khasiat Buah Markisa Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Kandungan Serat Buah Markisa Yang Baik Bagi Ibu Hamil

manfaat buah markisa bagi ibu hamil

Kandungan serat di dalam buah markisa sangat baik untuk menjaga kesehatan janin beserta ibu hamil. Terdapat antioksidan di dalam buah ini juga merupakan salah satu cara untuk menjaga kondisi ibu saat kehamilan. Kandungan asam folat di buah markisa dapat mencegah resiko kecacatan pada tabung saraf. Tentu saja semua ibu hamil tidak menginginkan mempunyai anak yang cacat. Ibu yang sedang hamil sebaiknya mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, salah satunya buah markisa yang banyak manfaatnya. Namun, ada satu buah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, yaitu salak, karena sifat salak bisa mengakibatkan kontipasi.

Ibu hamil yang sering mengalami sembelit membutuhkan makanan yang kaya akan serat. Khasiat dari buah markisa yang cukup sangat banyak salah satunya yaitu kaya akan serat sehingga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mencegah dan mengurangi sembelit. Buah markisa juga banyak mengandung antioksidan sehingga bisa untuk melancarkan ASI.

Itulah beberapa manfaat dari buah markisa yang rasanya sedikit asam dan kecut namun dibalik itu, mengandung banyak nutrisi yang baik bagi ibu hamil. Kandungan asam folat pada buah tersebut, penting dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu perkembangan sel-sel otak pada janin. Apabila janin dalam kandungan sudah tercukupi nutrisinya maka tidak menutup kemungkinan bayi tersebut yang lahir akan normal dan tidak cacat baik fisik maupun mental.

Baca Juga: Manfaat Buah Markisa Untuk Diet Yang Perlu Anda Ketahui

Bila diringkas menjadi poin-poin, manfaat buah markisa untuk ibu hamil antara lain:

  • Membantu melancarkan proses pencernaan, sangat membantu ibu hamil karena saat mengandung seringkali terjadi sembelit.
  • Saat bayi sudah lahir, markisa dapat melancarkan produksi ASI.
  • Kandungan vitamin C diolah menjadi kalori sebagai sumber energi bagi ibu hamil.
  • Kandungan asam folat untuk mencegah terjadinya kecacatan pada janin di dalam perut.
  • Zat besi dalam buah markisa dapat mencegah terjadinya anemia untuk para ibu dan mendorong pembentukan sel darah pada bayi.
  • Antioksidan dapat menangkal radikal bebas, menjaga kondisi kesehatan para ibu dan janin.

Setelah mengetahui kandungan dan manfaat dari buah markisa, tentu Anda akan tertarik untuk membeli dan mengonsumsi buah tersebut. Buah ini dapat diolah menjadi berbagai minuman dalam jenis jus maupun sirup sebagai jamuan keluarga untuk kebutuhan harian. Harga buah markisa yang cukup murah bisa Anda dapatkan dari kami. Konsumsilah buah yang sehat dan penuhi kebutuhan nutrisi harian dengan menjadi pelanggan kami.

2017-07-30T16:58:28+00:00

Leave A Comment